Cute Rocking Baby Monkey

Kamis, 25 Juli 2019

Jenis dan Fungsi Kabel Jaringan di Cisco Packet Tracer


Jenis dan Fungsi Kabel Jaringan

1. Automatically Chose Connection
Kabel ini akan menentukan secara otomatis kabel apa yang dapat digunakan untuk menghubungkan antar device/perangkat dalam jaringan.

Jadi apabila kalian bingung kabel manakah yang harus digunakan antar device, gunakan saja kabel ini (simple kan).

2. Console
Kabel ini biasanya digunakan untuk mengkonfigurasi sebuah pernagkah jaringan secara langsung. Biasanya tidak digunakan untuk menghubungkan jaringan, hanya mengkonfigurasi sebuah perangkat jaringan secara langsung


3. Straigh-Through
Kabel ini biasa digunakan untuk menghubungkan 2 pernagkat jaringan yang berbeda jenis dengan port ethernet, seperti menghubungkan PC-Host dengan Switch atau hub, router dengan switch, dll.

4. Cross-Over
Kabel ini biasanya digunakan untuk menghubungkan 2 perangkat jaringan yang sama jenis dengan port ethernet, seperti switch dengan switch, router dengan router, pc dengan pc, dll.

5. Fiber Optic
Kabel jaringan yang digunakan untuk menghubungkan 2 perangkat yang menggunakan media antarmuka fiber optic. Kabel fiber biasanya digunakan pada switch dan router karena kecepatan transfer yang lebih besar dibandingkan kabel UTP. Kabel ini dapat digunakan dimana saja yang terdapat antarmuka/interface fiber optic.

6. Phone
Kabel yang biasanya digunakan untuk menghubungkan telepon dengan port RJ11.

7. Coaxial
Kabel yang biasanya digunakan dalam topologi bus dna biasanya digunakan untuk menghubungkan radio.

8. Serial DCE (Data Communications Equipment)
Serial DCE sering juga disebut RS-232. Ini adalah eprlatan komunikasi yang melakukan fungsi seperti konversi sinyal, coding, dan line-clocking. Dapat menjadi bagian dari peralatan DTE (Data Terminal Equipment). Kabel ini bisanya digunakan untuk modem atau leased line.

9. Serial DTE (Data Terminal Equipment)
Perlatan komunikasi yang mengubah infomasi menjadi sinya dan melanjutkannya ke pengguna kabel DTE, biasanya digunakan untuk monitor dan printer.



Jenis-Jenis Router Cisco

1. CISCO ROUTER TIPE FIXED TINGKAT AKSES
  • Cisco router 700 series
  • Cisco router 801-804
  • Cisco router 805
  • Cisco router 811 dan 813
  • Cisco router 827
  • Cisco router 1000 series
  • Cisco router 2000 series
  • Cisco router 2500 series
  • Cisco router 3000 series

2. CISCO ROUTER TIPE MODULAR TINGKAT AKSES
  • Cisco router 1600 series
  • Cisco router 1720 dan 1750
  • Cisco router 2500 series Cisco router 3000 series
  • Cisco router 2600 series
  • Cisco router 3600 series
  • Cisco router 4000 series

3. CISCO ROUTER TIPE MODULAR TINGKAT INTI
  • Cisco router 7000 series, untuk enterprise
  • Cisco router 10000 dan 12000 series, untuk enterprise
       Umumnya perusahaan cisco memberikan nomor model dengan angka kecil seperti cisco router model 700 untuk jaringan WAN sederhana untuk dipakai oleh perusahaan kecil.       Sedangkan nomor dengan angka yang besar seperti cisco router model 12000 digunakan untuk jaringan WAN kompleks yang dipakai oleh perusahaan besar.       Cisco router tipe fixed mempunyai interface tetap yang tidak dapat diganti-ganti sesuai dengan kebutuhan pemakai. Umumnya cisco router jenis modular harganya jauh lebih mahal, tetapi lebih fleksibel dalam penggunaanya. Cisco router 2500 series tersedia dalam bentuk tipe fixed maupun modular.       Setiap router biasanya mempunyai dua Synchronous Serial port DB-60 (Serial0 danSerial1) untuk hubungan WAN, satu ethernet port DB-15 (AUI) untuk hubungan LAN, satu Console port RJ-45 untuk akses langsung ke sistem router dan satu Auxiliary Port RJ-45 (AUX) untuk akses ke sistem router dengan modem.



Jenis-Jenis Hub


1. HUB Aktif , mempunyai kemampuan yang berguna untuk menguatkan sinyal sebelum dikirimkan ke perangkat lainnya yang akan terhubung dengan Hub. Kegunaan dari Hub aktif ialah untuk menghubungkan dua unit komputer ataupun selebihnya untuk jarak yang cukup jauh.


2. Hub Paif , bertugas sebagai pembagi sinyal transmisi yang masuk ke port unit komputer yang terhubung, namun syaratnya untuk jarak komputer satu dengan komputer lain tidak bisa terlalu jauh jangkauannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

soal dan jawabn ujian nasional 2016

soal dan jawaban UJIAN NASIONAL TAHUN 2016 1. Tempat dimana Processor dipasang adalah letak dan merupakan fungsi dari... A. Socket ...